Kegiatan

DIALOG NASIONAL 6 SUKSES INDONESIAKU

Sekitar lebih kurang 6000 mahasiswa dan mahasiswa serta para Dosen yang berasal dari Kampus-kampus yang di bawah naungan Kopertis Wilayah II Palembang meramaikan acara DIALOG NASIONAL 6 SUKSES INDONESIAKU.

Acara yang diselenggarakan di Palembang Sport Convention Center ini menghadirkan narasumber yaitu :
-Prof. M. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. (Mentri Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi RI).
-Ir. Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI).
-Prof. Dr. H. Slamet Widodo, M.S. M.M (Koordinator Kopertis Wilayah II).
-Ir. H. Alex Noerdin, S.H (Gubernur Prop. Sumatera Selatan)

Ketua Pelaksana yang juga rektor Universitas Sjakhyakirti Palembang, Bpk Prof. Dr. Ir. H Faizal Daud, MS. mengatakan bahwa acara ini sangatlah penting karena akan memotivasi mahasiswa mahasiswi untuk lebih mengenal Pembangunan Nasional Kabinet Kerja, dan membuka wawasan lebih jauh tentang pembangunan di pelosok pelosok Indonesia.

Acara yang dipandu oleh artis Palembang serba bisa Anwar Fuady memulai sesi dialog pertama yang dibawakan oleh Menristekdikti Bapak M. Nasir, beliau mengatakan dalam hal ini pemerintah meminta dunia Perguruan Tinggi baik swasta maupun negeri (PTN/PTS) untuk mempersiapkan diri menyikapi dampak dari Revolusi Industri 4.0 dengan mengembangkan sistem pembelajaran distance learning.

"Ke depannya belajar tidak ada batasan ruang. Jumlah kelas untuk belajar pun tidak akan menjadi masalah karena dilaksanakan dengan online. Nah perguruan tinggi harus menyesuaikan, infrastruktur online di perguruan tinggi harus jelas dan memadai. Perbanyak program studi (prodi) yang berhubungan dengan Revolusi Industri 4.0."

Sedangkan pada sesi yang dibawakan oleh Menteri Perhubungan Bapak Budi Karya Sumadi, beliau memperlihatkan beberapa video tentang perkembangan pembangunan di Indonesia, dan pada sesi ini beliau mengajak 5 orang mahasiswa/i untuk berangkat ke Jakarta guna melihat program dan pembangunan skala internasional.

Pada sesi pertama bagian akhir, Koordinator Kopertis Wilayah II, Bapak H. Slamet Widodo mengungkapkan bahwa saat ini Kopertis Wilayah II adalah Kopertis terbaik di Indonesia, dan Kopertis Wilayah II telah berhasil meraih banyak penghargaan.

Selang satu jam di lanjutkan Sesi kedua yang dibawakan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Bpk. H. Alex Noerdin. Pada sesi ini Bapak Gubernur memperlihatkan beberapa video tentang progres pembangunan Jakabaring, kemudian ada rekam jejak sewaktu mulai dari PON XVI Tahun 2004, SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013, ASEAN University Games 2014, dan sekarang bersiap menyongsong ASIAN GAMES 2018.

"Kita akan kedatangan tamu-tamu dari 13 Negara, dan tentunya fasilitas fasilitas harus segera dibangun salah satunya adalah LRT, sebagai jalur transportasi massal sepanjang 24,5 KM dari Bandara SMB hingga JAKABARING" tambahnya.

https://youtu.be/YFo7Bn6fOrI